Saturday, November 15, 2008

Warung kopi untuk diskusi SEM (riset): mengkritik sang inovator

Warung kopi untuk diskusi SEM
Re: Riset (berhati-hati dengan chi-square test results untuk causal dan complex models)

Ini makanya structural equations modelling (SEM) menghadapi hambatan dan belum bisa diterima sepenuhnya (bergantung kepada) pendekatan ini oleh kelompok peneliti lain di luar jalur SEM.

Namun apabila chi-square test results dari sebuah model kausal bisa significant (dan tentunya didukung oleh fit indices lainnya, misal SRMR). Ini kontribusi terhadap knowledge.

Bagaimana caranya? Pakar menduga (Hayduk, 2008) peneliti harus (juga) turning dari perhatian construct ke indikator, bahkan ke single indikator sekalipun untuk menurunkan derajat degrees of freedom (tetap positive untuk me-run model), dan dapat me-maintain (banyaknya) faktor yang diperesentasikan oleh satu indikator tersebut, misalnya.

Bila (dalam waktu yang sempit) seseorang berhasil memperbaiki lagi model (di dalam thesis, paper, dst.. misalnya), ini mudah-mudahan akan menjadi kontribusi dan arah perbaikan dan pemahaman yang lebih baik mengenai SEM itu sendiri (mengapa ia terus berkembang dan seseorang tidak boleh berpuas diri [Sang inovator saja di kritik!!]).

Coba cek chi-square test di banyak causal model (dengan 6 constructs, misalnya), mereka dapat gagal dengan chi-square test (insignificant), tetapi (untungnya) dilindungi oleh fit indices lainnya sehingga seakan-akan model fit atau dianggap merepresentasikan (tentang) realitas.

Banyak pakar SEM menyimpan masalah ini (pro status quo) karena (sedikit banyak) pukulan bagi SEModel buiders (sekaligus sang inovator kondang seantero jagad). Tapi seseorang tidak selalu demikian. Karena sesungguhnya penyelesaian masalah dan resolusi yang lebih baik lagi, biasanya muncul belakangan (contoh, di dalam per-film-an, polisi selalu datang manakala kasus sudah diselesaikan oleh orang lain [pahlawan tanpa tanda jasa]), dan bukan karena siapa orang itu, pangkat, gelar , dst (tetapi kesungguhan hati untuk mencari kebenaran dan metodologi yang selalu diperbaiki di dalam dunia riset).

Tambahan, tidak semua papers me-report permasalah insignificant chi-square test untuk causal dan complex models.

No comments: